6 Peranan Penting dari Naskah pada Video Animasi

6 Peranan Penting dari Naskah pada Video Animasi

Peranan naskah dalam suatu video tidak bisa diabaikan. Tanpa adanya naskah tersebut, video ataupun konten yang lain, apalagi untuk marketing, tidak akan berjalan dengan baik. Setidaknya terdapat 6 peranan penting suatu naskah dalam video termasuk untuk video animasi.

  1.       Konsep Dasar

Cerita yang dibuat dalam suatu naskah menjadi pondasi untuk pembuatan suatu konten, seperti video animasi. Bayangkan, jika Anda ingin membuat suatu video, namun tidak ada cerita, bagaimana Anda akan membuat? Cerita berasal dari ide dan ide dapat diperoleh dimanapun. Anda bisa saja memiliki ide cemerlang namun jika tidak dituangkan dalam suatu cerita, ide tersebut tidak bisa tersampaikan dengan baik.

Jika cerita sudah dibuat dalam suatu naskah, nantinya bisa disampaikan atau didiskusikan dengan pihak lain, misalnya kameramen. Dapat dikatakan jika naskah ini juga akan menentukan hasil akhir dari proses pembuatan video animasi.

  1.       Arah atau Direction

Naskah yang dibuat  tersebut juga menjadi arah dalam pembuatan video. Misalnya dalam video cara membuat artikel bagi pemula. Dengan adanya naskah, Anda bisa menentukan, mana langkah awal yang harus dijelaskan, kemudian langkah selanjutnya. Jika tidak ada naskah, langkah atau cara pembuatan artikel tersebut bisa tidak beraturan dan hasilnya akan menyesatkan orang lain.

  1.       Sebagai Acuan

Naskah yang baik dapat dipergunakan sebagai acuan, misalnya dalam pembuatan story board. Storyboard inilah yang akan menjadi acuan untuk pembuatan videonya terutama untuk angle camera. Apakah bagus dari atas, bawah, zoom in, zoom out dan berapa lama waktunya. Karena hal tersebut, sebelum naskah digunakan, aka nada penyuntingan lebih dahulu. Tujuannya untuk menentukan kelayakan naskah dan apakah ada yang perlu dirubah atau tidak.

  1.       Dasar Penentuan Peran

Dalam naskah tentunya selain alur akan ada pemeran. Agar cerita bisa berjalan dengan baik, maka Anda perlu pemeran yang sesuai dengan cerita tersebut. Pemeran yang dipilih, misalnya animasi dengan tokoh A memiliki watak pemarah sesuai dengan cerita yang akan diangkat. Karena itu pemeran dan naskah saling berkaitan agar bisa menghasilkan video animasi yang baik.

contoh tokoh animasi
contoh tokoh animasi
  1.       Perhitungan Anggaran

Ada beberapa cerita yang membutuhkan anggaran besar, misalnya cerita untuk film yang memiliki durasi lama atau video animasi series yang tayang di TV. Dari cerita tersebut, Anda bisa melihat berapa kira-kira anggaran yang dibutuhkan. Dengan begitu, ketika membicarakan masalah budget atau untuk mencari sponsor, Anda bisa lebih meyakinkan jika video tersebut worth it untuk dibuat.

  1.       Penentu Hasil Akhir

Sebagai konsep dasar, naskah juga akan menjadi acuan untuk menentukan hasil akhir video animasi. Misalnya, apakah videonya berakhir dengan baik atau tidak, pesan video tersampaikan atau tidak, ceritanya menggantung atau tidak. ini karena ending yang baik akan sangat berpengaruh pada tingkat ketertarikan seseorang untuk melihat video tersebut.

Itulah peranan naskah dalam animasi dan semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda!

Mufti

Related Posts