Apa Sih SEO itu?

Apa Sih SEO itu?

Ketika membicarakan mengenai website, misalnya website yang berisi informasi tentang mengenal animasi stop motion, Anda tidak bisa lepas dari yang namanya SEO. Namun, tahukah Anda apa itu SEO? Untuk tahu lebih lanjut, simak ulasan berikut ini.

Pengertian Search Engine Optimization

Search engine optimization atau yang lebih dikenal dengan SEO merupakan teknik untuk mengoptimalkan website. Tujuannya adalah untuk mendapatkan ranking tinggi di halaman pencarian dan meningkatkan pengunjung website.

SEO memiliki aturan tertentu yang sudah ditetapkan oleh mesin pencari dan dalam hal ini, mesin pencari yang dimaksud adalah Google. Jadi, cara kerja SEO untuk saat ini dan untuk beberapa waktu kedepan bisa saja dan bisa saja berbeda. Hal tersebut tergantung dari algoritma yang sudah ditetapkan oleh Google.

Kenapa Google? Padahal masih ada mesin pencari lain seperti Bing! Yahoo? Hal ini karena Google menguasai lebih dari 90% pangsa pasar dari mesin pencari yang dipergunakan di seluruh dunia. Dengan begitu, aturan atau algoritma yang ditentukan dari Google menjadi patokannya.

Dengan kata lain, lewat algoritma yang sudah ditentukan oleh Goggle tersebut, mesin pencari akan menentukan mana konten yang layak untuk ada di ranking teratas dari hasil pencarian. User atau pengguna internet akan memasukkan kata kunci di kolom pencari. Setelah itu mesin pencari yang akan mencari mana artikel yang sesuai dengan keyword tersebut.

Hal yang harus Anda pahami adalah algoritma dari Google selalu diperbarui. Jadi, jika Anda hendak fokus pada optimasi SEO maka Anda harus mengetahui algoritma apa yang sedang dipergunakan.

google
google

Jenis SEO

Pada dasarnya ada 2 jenis SEO yaitu:

  • SEO On Page:

Jenis seo ini adalah langkah atau tahapan untuk mengoptimalkan SEO yang dilakukan di dalam website tersebut. Optimasi yang bisa dilakukan termasuk memperbaiki permalink, struktur dan judul konten, penggunaan heading, internal link, tema yang responsif dan juga kecepatan loading.

  • SEO Off Page:

Jenis SEO ini lebih fokus untuk optimasi di luar website. Misalnya dengan backlink atau inbound link. Backlink ini sendiri dapat menjadi indikator jika konten Anda menjadi suatu rujukan untuk website yang lain. Jadi, semakin berkualitas konten Anda maka akan semakin baik. Dengan begitu, website akan muncul di halaman pertama dari pencarian di mesin mesin pencari.

Itulah pengertian SEO untuk website. Jika optimasi berjalan dengan baik, kredibilitas website Anda juga akan meningkat dan bila dijual pun  harganya akan semakin tinggi. Jadi, optimasi website Anda mulai dari sekarang ya. 

Mufti

Related Posts