Beberapa Pengertian dan Ciri-Ciri Cerpen

Beberapa Pengertian dan Ciri-Ciri Cerpen

Cerita pendek merupakan salah satu karya sastra yang sudah tidak asing lagi. Ada beberapa pengertian dan ciri-ciri cerpen yang dapat membuat kalian lebih mengetahui lebih jauh tentang cerita pendek. Seperti karya sastra lainnya cerita pendek memiliki ciri khusus yang perlu kalian ketahui. Berikut merupakan beberapa pengertian cerita pendek menurut para ahli.

Pengertian cerpen menurut para ahli

Pengertian dan ciri-ciri cerita pendek setiap para ahli memiliki pandangan yang berbeda. Adanya pengertian tersebut dapat membuat pemikiran kalian lebih terbuka mengenai cerita pendek. Sehingga, kalian bisa menyimpulkan sendiri mengenai cerita tersebut. Inilah pengertian cerita pendek menurut para ahli yang perlu kalian ketahui.

  1. Menurut Sumardjo dan Saini

Cerpen merupakan cerita pendek namun hanya dengan melihat fisiknya yang pendek belum dapat menyimpulkan bahwa cerita tersebut merupakan cerita pendek. Beliau menuliskan demikian dalam bukunya yang berjudul Apresiasi Kesusatraan.

  1. Menurut Priyatni

Cerita pendek merupakan salah satu bentuk dari sebuah karya fiksi. Cerita tersebut memiliki sifat serta ciri yang serba pendek seperti alur peristiwanya, isi, jumlah tokoh, serta jumlah katanya semuanya pendek.

  1. Menurut Suharianto

Certa pendek merupakan cerita fiksi yang memiliki bentuk pendek dengan permasalahan yang dibangun juga kecil. Pengerang atau penulis akan membuat kehidupan dari tokoh utama yang menarik perhatian dan membuat cerita dengan kesan tunggal.

  1. Menurut Poe dalam Burhan

Cerita pendek merupakan sebuah cerita yang saat membacanya bisa dilakukan dalam sekali duduk atau berdasarkan kisaran waktu sekitar 30 menit sampai dua jam.

  1. Menurut Kosasih

Cerita pendek merupakan karangan pendek dengan prosa sebagai bentuknya. Ceita pendek biasanya akan mengisahkan kisah dari tokoh utama dengan penuh emosi serta mengharukan.

Ciri-ciri cerpen yang harus kalian ketahui

Setelah mengetahui pengertian cerita selanjutnya kalian harus mengetahui ciri-cirinya. Pengertian dan ciri-ciri cerita tersebut dapat membuat kalian lebih paham lagi tentang cerita pendek. Inilah ciri-ciri cerita pendek yang perlu kalian katahui.

  1. Rekayasa atau cerita bersifat fiksi (tidak nyata).

  2. Ada pelaku utama atau tokoh yang diutamakan dalam cerita.

  3. Membentuk sebuah narasi.

  4. Cerita yang dibuat harus padat, singkat serta intensif.

  5. Mengandung unsur intrinsic seperti tokoh, alur, adegan, dan lain-lain.

  6. Penggunaan Bahasa harus menarik dan mudah untuk dipahami.

  7. Cerita harus terksesan tunggal.

Demikian, pengertian dan ciri-ciri cerita pendek yang harus kalian ketahui semoga dengan adanya informasi tersebut dapat menambah wawasan kalian mengenai harga artikel bercerita pendek. Bagi kalian yang ingin menulis cerita akan lebih baik jika mengenal dulu pengertian, unsur, serta ciri-cirinya dengan detail.

Mufti

Related Posts