Cara Membuat Artikel Bagi Pemula

Cara Membuat Artikel Bagi Pemula

Dalam menulis artikel yang baik dan memiliki kualitas hanya membutuhkan dua hal, konten yang baik dan teknik yang baik. Siapa pun bisa menulis sesuatu, memposting, dan menyebutnya artikel. Konten yang baik relative mudah untuk dibuat. Kebanyakan dari orang tidak menyadarinya, tetapi semua orang selalu mempunyai hal menarik yang bisa diutarakan dalam bentuk tulisan. Berbeda dengan teknik yang baik, teknik penulisan yang baik cenderung susah untuk di praktekkan atau sekedar dipahami sekalipun. Artikel dengan topik yang menarik tetapi ditulis dengan teknik yang kurang baik akan memberikan kesan yang tidak menarik. Berikut adalah cara membuat artikel yang baik bagi para pemula.

Lupakan Teknik SEO

Pada saat ini, konten tidak lagi ditulis sdengan spontan karena beberapa artikel memang masih ditulis dengan aspirasi artistik atau didaktik. Tetapi, teknik penulisannya masih mengikuti aturan SEO. Pada kasus ini, penulis ingin membuat konten mereka dibaca oleh pembaca sungguhan. Untuk itu, mereka merasa harus memainkan Google. Untuk Anda yang ingin membuat artikel yang menarik dengan tujuan untuk engagement jangan terlalu terpaku dengan aturan teknik SEO. Tulislah artikel dalam bahasa audiens yang mereka gunakan saat mencari solusi untuk masalah atau mencari jawaban atas pertanyaanya.

Pelajari Karakter Pembaca

Walaupun kedengarannya tidak terlalu penting, tapi hal ini sangat berpengaruh terhadap kualitas artikel yang Anda buat. Jika Anda tidak menyapa audiens tertentu dengan tepat, maka Anda bisa saja kehilangan rasa hormat, perhatian, minat mereka sebelum mereka menyelesaikan paragraf pertama. Sesuaikan karakter penulisan Anda dengan tema tulisan yang Anda buat. Misalnya jika Anda membuat konten berisi pembahasan ilmiah sudah pasti bahasa yang Anda gunakan harus baku. JIka Anda membuat konten tentang remaja dan tips-tips ringan sudah pasti Anda menggunakan bahasa sehari-hari yang lebih ringan dan enak untuk dibaca.

Buatlah Struktur yang Tepat

Membuat artikel tidak hanya sekedar merangkai kata-kata melainkan terdapat struktur yang sesuai, menulis konten yang menarik, cocok dengan gaya bahasa yang digunakan oleh target pembaca, menjaga supaya tulisan tetap fokus, memastikan artikel berakhir dengan sesuatu yang bisa memuaskan pembaca, dan memberikan semua yang Anda janjikan dalam kueri.

Berikut adalah sedikit tips bagaimana cara menulis artikel yang baik dan berkualitas untuk pemula. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan bisa dijadikan referensi yang bermanfaat.

Mufti

Related Posts