Cara Membuat Desain Website Tanpa Coding

Cara Membuat Desain Website Tanpa Coding

Tidak sedikit orang yang kini ingin memiliki website, namun terkendala masalah pembuatannya yang menggunakan coding. Padahal, tanpa menggunakan coding, Anda bisa saja membuat desain website dengan lebih mudah. Cara membuat desain website tanpa  coding bisa dilakukan dengan menggunakan platform website CMS, seperti wordpress.

Dengan menggunakan cara membuat desain website ini, Anda hanya perlu memiliki wordpress terlebih dahulu. Pastikan jika Anda sudah menginstal wordpress ke cpanel Anda. Jika tahapan ini sudah Anda lakukan, kemudian Anda bisa menginstal tema.

Keunggulan Menggunakan Tema

Kenapa harus menggunakan tema? Tema dipergunakan untuk mempercantik tampilan dari website. Anda bisa saja membuat tema sendiri dan kemudian mengaplikasikannya ke website Anda atau menjualnya.

Namun, jika Anda tidak memiliki keahlian di bidang coding, Anda bisa mencari tema yang sesuai dengan yang dibutuhkan. Kemudian download tema tersebut.

Keunggulan menggunakan tema yang sudah ada, diantaranya adalah:

  1. Mempermudah dan mempercepat membuat suatu website.
  2. Ada banyak pilihan tema yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda, baik gratis ataupun berbayar.
  3. Bisa digunakan oleh siapa saja, bahkan untuk orang yang tidak mengerti coding sama sekali.
  4. Bisa diedit sesuai dengan kebutuhan.
Cara Membuat Desain Website Tanpa Coding
Cara Membuat Desain Website Tanpa Coding

Instalasi Tema

Penggunaan tema untuk mempermudah desain website sama halnya seperti menggunakan aplikasi untuk membuat logo. Anda hanya perlu menginstal dan kemudian memperoleh website dengan tampilan yang Anda inginkan.

Sebelum menginstal Anda harus mencari tema terlebih dahulu. Pastikan jika tema tersebut sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Pilih jenis tema yang memudahkan visitor untuk mengoperasikannya.

  1. Jika Anda belum memiliki tema dan hendak menggunakan tema yang ada di wordpress, lakukan cara atau tahapan berikut ini:
  2. Masuk ke dashboard website Anda terlebih dahulu.
  3. Kemudian, pilih appearance > theme, klik di bagian Add New yang ada di bagian pojok atas halaman.
  4. Klik install di tema yang dipilih.

Jika Anda sudah memiliki tema yang Anda inginkan, tahapannya adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke dashboard website terlebih dahulu.
  2. Pilih appearance?> theme > add new. Kemudian pilih upload theme.
  3. Pilih jenis tema yang berekstensi .ZIP atau .RAR yang sudah Anda download sebelumnya.
  4. Klik install now.
  5. Tunggu hingga proses instalasi sempurna.

Apakah sudah selesai? Secara garis besar sudah. Namun, Anda tetap harus mengecek tampilan dari website tersebut. Anda bisa melakukan preview, dan lihat apakah tampilannya sudah sesuai dengan yang diinginkan atau belum.

Jika sudah, maka Anda bisa klik tombol activate untuk mengaktifkan tema tersebut. Setelah itu, Anda bisa menambah misalnya menu, widget sesuai dengan keinginan Anda.

Dengan cara membuat desain website tersebut, Anda tidak perlu lagi bingung mendapatkan situs yang cantik walaupun tanpa kemampuan programing. Semoga informasi ini bisa menjadi jawaban dari permasalahan Anda ya. 

Mufti

Related Posts