Cek Hasil Belajar Anda di Website Hasil Ujian Nasional

Cek Hasil Belajar Anda di Website Hasil Ujian Nasional

Cek Hasil Belajar Anda di Website Hasil Ujian Nasional
Cek Hasil Belajar Anda di Website Hasil Ujian Nasional

https://multi-up.net/ – Cek Hasil Belajar Anda di Website Hasil Ujian Nasional – Ujian nasional merupakan salah satu penentu kelulusan bagi setiap siswa yang berada di tingkat akhir sekolah. Ujian tersebut berisi soal-soal mengenai pelajaran dari pertama masuk sekolah hingga pembelajaran terakhir. Anda yang sudah pernah melaksanakan ujian ini tentu sudah tahu bagaimana rasanya.

Hampir setiap siswa yang akan menghadapi ujian nasional pasti merasa takut, resah, dan gugup. Hal tersebut dikarenakan ujian nasional akan diperiksa di tingkat nasional dan tidak bisa diperbaiki jika nilainya kurang baik. Namun, adapula yang santai saja saat menghadapi ujian nasional.

Pengumuman hasil ujian biasanya diumumkan oleh pihak sekolah secara langsung. Namun, sebenarnya hasil ujian bisa di cek sendiri oleh para siswa secara online. Hasil ujian nasional bisa di cek melalui website hasil ujian nasional. Website tersebut merupakan situs resmi milik negara yang sengaja dibuat untuk menyajikan hasil UN tersebut.

UN kini berbasis komputer. Tujuan utamanya ialah agar siswa lebih terbiasa dengan perangkat komputer yang biasanya akan dibutuhkan di tengah masyarakat. Dengan sistem ujian tersebut, pemerintah juga mempertimbangkan pengadaan website untuk menyajikan hasil ujian. Jika para siswa mampu mengerjakan soal ujian melalui komputer berarti mereka pun akan mampu mengakses web tersebut.

Apalagi saat ini merupakan zaman serba canggih dimana banyak hal yang sudah dikaitkan dengan teknologi. Salah satunya ialah adanya website hasil ujian nasional. Kehadiran website tersebut menjadi bukti bahwa teknologi juga memiliki peran penting dalam pelaksanaan pendidikan. Dengan begitu, pendidikan bisa berjalan dengan lebih baik.

Website yang digunakan ialah website online dari Puspendik. Web tersebut bisa diakses secara langsung oleh para siswa yang ingin mengetahui hasil ujian mereka. Hasil ujian tersebut memang selalu dijadikan patokan seberapa mampu para siswa menguasai pelajaran yang selama ini mereka pelajari.

Untuk UN tahun pelajaran 2019/2020 bisa di akses melalui website hasil ujian nasional yaitu https //puspendik.kemdikbud.go.id/hasil-un/. Para siswa pastinya bisa mengakses web tersebut dengan mudah. Sebab, kini hampir setiap orang dari usia berapapun sudah bisa menggunakan internet termasuk web tersebut.

Sebelumnya pada tahun 2018/2019 hasil UN juga sudah dipublikasikan melalui web resmi Kemendikbud yang bernama Pusat evaluasi pendidikan atau Puspendik. Disana Anda bisa menemukan setiap informasi mengenai hasil ujian nasional yang sangat diperlukan oleh setiap siswa. Penyajian informasi mengenai hasil UN lebih efektif disajikan pada sebuah web.

Penggunaan website hasil ujian nasional akan membuat informasi lebih mudah didapatkan oleh para siswa. Perkembangan zaman terutama mengenai teknologi sangat dirasakan oleh para siswa pada saat ini. Hampir setiap siswa kini sudah bisa menggunakan kecanggihan teknologi tersebut. Hal tersebut sudah menjadi hal yang lumrah. baca juga ini

Web tersebut mulai dibuat dan dipublikasikan pada tahun 2018. Kemudian, pada tahun 2019 web ini di update agar laporan UN dari setiap sekolah bisa dimuat dalam tersebut. Anda cukup mengetikkan nama sekolah pada web tersebut, maka kemudian hasil ujian nasional dari sekolah tersebut akan muncul.

Website hasil ujian nasional ini sudah dilengkapi dengan menu-menu yang berkaitan dengan hasil ujian nasional. Dengan mengaksesnya masyarakat bisa melihat grafik dari pencapaian nilai ujian di setiap sekolahnya. Selain itu, penguasaan materi atau pelajaran UN bisa diketahui melalui web ini.

Hasil ujian nasional dan rekap nilai UNBK tahun 2019 sebenarnya sudah diserahkan kemendikbud kepada dinas pendidikan setempat. Akan tetapi, banyak diantaranya para siswa dan orangtua yang ingin mengetahui dengan transparan mengenai nilai UN tersebut. Hal tersebut juga menjadi dasar dibuatnya web tersebut.

Untuk mengakses website hasil ujian nasional, pertama-tama buka menu browser atau pencarian internet yang Anda miliki. Anda bisa menggunakan ponsel ataupun menggunakan perangkat komputer. Lalu, ketikkan alamat website puspendik yang tadi sudah disebutkan. Kemudian tekan ok atau enter.

Setelah tampilan beranda muncul, pilihlah opsi daftar nilai wilayah serta satuan pendidikan. Kemudian pilih opsi jenjang yang sesuai sekolah yang dimaksud. Berikutnya, isi mode ujian dengan memilih “UNBK”. Isi tahun dengan tahun “2019” dan unit analisisnya yaitu “Sekolah”. Jika sudah isi pula opsi provinsi, kota/kabupaten serta jenis dan status pendidikan dengan pilihan “cukup jelas”.

Berikutnya website hasil ujian nasional tersebut akan menampilkan rata-rata nilai mata ujian UNBK setiap pelajarannya. Dengan begitu, hasil ujian bisa dilihat dengan lebih transparan dan juga jelas. Selain itu, hasil ujian bisa dilihat dimanapun dan kapanpun. Yang terpenting Anda bisa mengakses internet agar bisa mengakses web tersebut.

Keuntungan lain dengan adanya website ini ialah Anda bisa melihat dan mengetahui sekolah mana yang memiliki peringkat nilai tertinggi hingga terendah dari UNBK tersebut. Rentang nilai tersebut bisa dilihat dari sekolah di setiap kota atau kabupaten. Tentu saja hal tersebut bisa dijadikan motivasi untuk sekolah lain agar bisa mendapat nilai yang lebih baik.

Website hasil ujian nasional bisa dijadikan motivasi bagi setiap sekolah untuk membuat prestasi mengagumkan dalam ujian nasional. Para siswa sendiri bisa lebih meningkatkan cara belajar agar namanya bisa tercantum pada website sebagai siswa dengan nilai ujian nasional terbaik. Terlebih jika pada UNBK yang memerlukan kecerdasan yang lebih tinggi.

Namun, bukan berarti nilai yang belum maksimal harus menjadi tontonan bagi banyak orang. Pihak pemilik website akan berusaha menyajikan data nilai dari siswa dengan sangat objektif. Hal tersebut tidak dapat diganggu gugat karena merupakan bentuk kejujuran. Sehingga, data tidak akan dirubah sedikitpun dan disajikan apa adanya.

Keaslian data pada website hasil ujian nasional tersebut dapat dipastikan. Sebab, data yang disajikan sudah dijamin langsung oleh Kemendikbud sebagai pemerintah resmi. Jadi, jika ada data yang tidak sesuai dengan kenyataannya maka pihak website bisa disalahkan. Anda tak perlu khawatir jika data tersebut tidak valid. Karena pemerintah sendiri sudah menjamin hal tersebut.

Keberadaan website ini tentu akan sangat menguntungkan para siswa dan juga pihak sekolah. Para siswa sudah tak perlu lagi berebut dan berdesak-desakan saat ingin mengetahui nilai hasil ujian. Dahulu, para siswa harus berdesakkan jika ingin melihat nilai hasil ujian mereka di majalah dinding sekolah atau di bagian tempat lainnya di sekolah.

Pastikan Anda menggunakan website ini dengan semaksimal mungkin. Bijaklah dalam menggunakan web tersebut. Sebab, web ini dibuat dengan sedemikian rupa agar bisa diakses oleh masyarakat di seluruh Indonesia. Sehingga, keberadaannya harus dijaga agar bisa digunakan sampai kapanpun dan dimanapun oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Kesimpulannya, keberadaan website hasil ujian nasional ini sangat menguntungkan banyak pihak terutama para siswa. Hal tersebut dapat membantu para siswa mengetahui nilai ujian dengan lebih transparan dan jelas. Selain itu, adanya web ini membuat para siswa lebih cepat dan mudah dalam mengakses nilai hasil ujian yang mereka kerjakan.

Mufti

Related Posts