Font Pada Brand Populer Dunia Dan Desainer Dibaliknya

Font Pada Brand Populer Dunia Dan Desainer Dibaliknya

Salah satu faktor agar sebuah brand mudah diingat oleh orang adalah dari desain font yang digunakan. Saking uniknya, brand-brand populer ini mudah dikenali dari bentuk font yang terpampang di media publik. Multi Blog merangkum sejumlah font-font unik dan desainer dibaliknya yang begitu melekat pada brand terkenal dunia. Berikut ini daftarnya.

Logo Game of Thrones
Logo Game of Thrones – HBO

Game of Thrones

Film serial yang memiliki jutaan fans di dunia ini diangkat dari novel berjudul Song of Ice and Fire karangan  George R.R. Martin. Font yang digunakan begitu unik dan sangat melekat dengan film yang berlatar belakang perang dan konflik zaman kerajaan itu.

Bentuk font tersebut sangat pas menggambarkan suasana medieval atau abad pertengahan dengan penuh kesan gotik yang cukup gelap. Sesuai filmnya, font ini diberi nama Game of Thrones yang bisa didapatkan secara gratis di sejumlah situs berbagi font. Desainer font ini diketahui bernama Charlie Samways. 

Pokemon Logo
Pokemon Logo – Pinterest

Pokemon

Logo film dan game Pokemon ini memiliki jenis komik lettering. Awalnya, brand Pokemon adalah sebuah game yang dirilis pada tahun 1996 di Jepang. Saking populernya game tersebut, hingga akhirnya dijadikan film, namun yang pasti logonya tidak pernah berubah. 

Logo Pokemon yang menggunakan font karya Neale Davidson ini terlihat sangat ceria dan memberikan kesan anak-anak yang senang bermain. Logo Pokemon yang berasal dari kata Pocket Monster sangat khas dengan warna biru-kuning yang mencolok. Font Pokemon ini berlisensi, namun masih bisa digunakan versi demonya secara terbatas. 

Buku Harry Potter
Buku Harry Potter – Scholastic

Harry Potter

Buku novel Harry Potter karya J.K Rowling menjadi novel paling laris sepanjang sejarah dunia. Tak hanya karena ceritanya yang membuat buku ini digemari, tetapi juga desain baik gambar sampul dan font yang digunakan yang memberikan ciri khas sangat kuat. 

Tak hanya cover dan judul, desainer buku ini begitu detail dalam merepresentasikan keunikan setiap karakter yang ada di dalam cerita. Seperti kutipan tentang Hagrid yang memiliki font tersendiri, agar sesuai dengan bentuk tubuhnya yang raksasa. 

Ada 3 macam jenis font yang begitu khas dengan brand Harry Potter, baik yang di dalam novel maupun filmnya. Cover fontnya, didesain oleh Phoenix Phonts dan diberi nama Harry P. Untuk judul tiap chapter dan angka halamannya, menggunakan font bernama Able karya Marcus Burlile. Sementara font karakter Hagrid merupakan font karya Missy Miller.

Logo Star Wars
Logo Star Wars – Wikimedia

Star Wars

Tak hanya cerita perang antariksa yang begitu khas dengan film Star Wars, tetapi font yang digunakan pun, sangat unik. Franchise film terkenal nomor 3 dunia setelah Harry Potter dan James Bond ini, menggunakan font yang begitu diingat oleh para fansnya. 

Meskipun orang-orang hanya sekilas melihat font ini, mereka sudah bisa mengenali jika itu merupakan salah satu produk Star Wars. Sebab Star Wars tak hanya dikomersilkan dalam bentuk film, tetapi juga merchandise dan apparel. 

Logo Star Wars ini pertama kali muncul dalam film sejak seri pertama, menggunakan font karya desainer Suzy Rice yang mendapat sedikit sentuhan oleh Joe Johnston. Diketahui, Rice terinspirasi dari rambu dan tanda yang ada di negara Jerman, yang dia pelajari sejak 1930. 

 

Mufti

Related Posts