Prediksi Trend Sosial Media Marketing Pada Tahun Ini

Prediksi Trend Sosial Media Marketing Pada Tahun Ini

Bagi para marketer di sosial media, tahun 2019 lalu menandai bahwa selama 1 dekade terakhir, platform sosial media masih merajai di bidang pemasaran online. Selama 10 tahun terakhir itu, hampir tidak ada strategi pemasaran tanpa menggunakan platform sosial media. 

Bahkan, para marketer terus berlomba menciptakan berbagai inovasi strategi baru untuk menjangkau pelanggan potensial mereka di sosial media. Siapa yang ketinggalan informasi dan strategi terbaru, bisa dipastikan akan kalah bersaing. 

Kini marketer sosial media dihadapkan persaingan pasar yang jauh lebih berkembang. Oleh karenanya agar bisa terus bersaing dan memenangkan kompetisi, dibutuhkan perencanaan secara mendetail dan matang serta pendekatan kepada user secara kreatif. Memahami trend yang akan datang juga merupakan strategi yang wajib dipahami. Berikut https://multi-up.net membagikan sejumlah prediksi trend di dunia sosial media marketing pada tahun ini.

Kebangkitan Tik Tok

Terlalu disepelekan dan hampir tidak ada perhatian secara khusus, aplikasi sosial media Tik Tok tanpa disadari berhasil mengalahkan Facebook, Twitter dan Instagram dalam jumlah download per bulan. Hingga akhir tahun 2019, Tik Tok telah diunduh lebih dari 1.5 miliar kali di seluruh dunia. Kini mata para marketer pun mulai tertuju dalam penggunaan Tik Tok sebagai media marketing mereka. 

Hal ini berarti, aplikasi yang dulunya hanya sekedar pembuat klip video, akan mengalami perubahan secara masif dalam bidang pembaharuan teknologi, untuk kemudian digunakan sebagai alat sosial media marketing.

Perubahan ini kemungkinan akan terjadi dalam waktu dekat, sebab pihak perusahaan pemilik Tik Tok mulai melakukan ekspansi ke pasar barat dan meluncurkan fitur periklanan dan promosi. Sementara saat ini yang sudah berjalan, Tik Tok merangkul sejumlah influencer terkenal hingga artis dalam aplikasi mereka. 

Teknologi VR dan AR

Setelah sekian lama dalam tahap pengembangan, kemungkinan besar teknologi VR (Virtual Reality) dan AR (Augmented Reality) akan mulai diluncurkan dan diaplikasikan ke sejumlah platform dan gadget. 

Bagi para sosial media marketer, harus bisa menyiapkan diri dengan teknologi terbaru ini. Sebab para pakar analisa memprediksi, orang-orang mulai menyadari pentingnya teknologi VR dan AR dan akan mulai menaruh dana mereka di sana. Jumlahnya akan naik secara signifikan sebesar 79%. 

Karena pasar saat ini didominasi oleh platform sosial media, kemungkinan besar yang akan terjadi adalah, teknologi ini akan diaplikasikan pada jejaring sosial media. Artinya, ke depan akan ada channel baru untuk menjangkau para pelanggan potensial dengan menerapkan teknologi AR dan VR.

Artificial Intelligence

Selama ini, para marketer melihat adanya perubahan yang terus dilakukan demi mewujudkan kebutuhan pasar yang hampir mustahil diwujudkan. Namun, pada tahun ini diprediksikan teknologi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan dinilai mampu memenuhi kebutuhan pasar tersebut.

Dengan sistem pengumpulan data yang canggih saat ini, teknologi AI mampu membaca dan menganalisa perilaku pasar dan menghasilkan materi pemasaran yang sesuai demografis dan interest masing-masing. 

Beberapa contoh dari penerapan teknologi AI ini adalah, adanya pembuatan halaman web secara otomatis yang diperuntukkan satu user dan kemudian berubah menyesuaikan latar belakang user lain yang berbeda. Bisa juga, nantinya akan ada sebuah alat yang bisa membuatkan artikel secara otomatis atau konten-konten promosi yang dengan secara khusus memenuhi kebutuhan user masing-masing.

Mufti

Related Posts