Rekomendasi Aplikasi Pengolah Data Statistik Terbaik

Rekomendasi Aplikasi Pengolah Data Statistik Terbaik

Di era digital saat ini, tentunya sudah banyak aplikasi-aplikasi statistik yang mampu membantu proses hitung dan analisa kita untuk mengolah data statistik. Kita bisa belajar aplikasi tersebut lewat pelajaran di kampus, buku-buku, dan internet dengan googling maupun melihat tutorialnya di youtube. Nah, penasaran kan aplikasi statistik apa yang populer digunakan saat ini :

SPSS

SPSS merupakan singkatan dari Statistical Package for Social Science. SPSS sendiri pertama kali dibuat pada tahun 1968. Dan pada tahun 2009 tepatnya pada tanggal 28 Juli, SPSS dibeli oleh IBM seharga $ 1,2 milyar. Setelah dibeli IBM, SPSS berkembang cukup pesat dan tidak hanya untuk statistik dasar, namun sampai proses analytic juga. Jika ingin belajar SPSS banyak tutorial yang bisa Anda dapatkan di internet.

Minitab

Minitab adalah salah satu aplikasi Statistik yang mirip dengan excel dan bisa digunakan untuk analisa data yang cukup kompleks. Minitab dikembangkan oleh Barbara F. Ryan, Thomas A. Ryan, dan Brisbane L. Joiner pada tahun 1972 di Pennsylvania State University. Awalnya Minitab mengeluarkan versi kecilnya dengan nama OMNITAB. Minitab ini sampai sekarang masih dikembangkan, dan banyak kantor cabangnya di beberapa negara seperti Prancis, Inggris, dan Sydney Australia. Jika ingin mencoba aplikasi ini, Anda bisa mengunduhnya dan memakainya gratis dengan masa trial 30 hari di website resminya.

LISREL

LISREL adalah singkatan dari Linear Structural Relationship. Pertama kali aplikasi ini dikembangkan oleh Karl Joreskop pada tahun 1973 yang kemudian dikembangkna bersama Sorbom. Lisrel ini adalah satu-satunya program SEM yang paling banyak digunakan dan dipublikasikan dalam berbagai jurnal ilmiah dan pada beberapa disiplin ilmu. Ada software yang bisa digunakan untuk perhitungan riset berbasis struktural lain seperti AMOS, namun pengguna LISREL masih lebih banyak dibanding AMOS. LISREL juga menyediakan versi trialnya selama 30 hari, jika Anda ingin mencobanya silakan download di situs resminya.

SAS

Statistical Analysis System atau lebih populer kita sebut dengan SAS, adalah salah satu produk dari SAS Institute Inc. Ide awal pembuatan aplikasi ini datang dari seorang mahasiswa yang bernama Anthony J. Barr, dimana dia adalah mahasiswa lulusan North Carolina State University yang lulus di tahun 1962-1964. SAS banyak digunakan oleh untuk managemen di bidang IT, managemen sumber daya manusia, managemen keuangan (finance), intelijen bisnis, dan sebagainya. Jika penasaran dengan aplikasi ini, bisa langsung menuju situs resminya di http://sas.com/software.

Eviews

Eviews adalah singkatan dari Econometric Views, yang pertama kali dirilis versi 1 nya pada tahun 1994. Eviews termasuk salah satu program yang baru namun populer. Eviews sendiri dikembangkan oleh Quantitative Micros Software (QMS). Sayangnya aplikasi Eviews ini hanya tersedia untuk sistem operasi windows, jadi pengguna OS linux dan Mac belum bisa menikmati aplikasi ini.

Berikut adalah beberapa rekomendasi aplikasi untuk mengolah data statistik. Jika Anda membutuhkan jasa input data bisa mengunjungi website berikut ini https://www.sribu.com/id/cat/jasa-input-data.

Mufti

Related Posts