Universitas Jurusan Desain Interior dan Peluang Karir di Indonesia

Universitas Jurusan Desain Interior dan Peluang Karir di Indonesia

Universitas jurusan desain interior semakin banyak diminati oleh para calon mahasiswa. Hal ini sejalan dengan tingkat permintaan yang tinggi terhadap jasa desain interior yang masih timpang dengan ketersediaan SDM profesional di bidang ini. Bisa Anda lihat di berbagai tempat, interior ruangan semakin memerhatikan faktor estetika dan daya tarik secara visual.

Salah satu tempat para desainer interior profesional menawarkan jasanya adalah (https://www.sribu.com/id/interior. Di sana, Anda bisa melihat profil dan hasil pekerjaan para desainer interior terbaik di Indonesia. Tertarik untuk menempuh pendidikan akademis di bidang interior? Simak penjelasan di bawah ini.

 

Desain Interior Tidak Sama dengan Arsitektur

Ada satu miskonsepsi yang cukup luas dalam mengartikan desain interior. Banyak orang yang menganggap desain interior sama dengan arsitektur, padahal keduanya memiliki titik fokus yang berbeda. Arsitek bekerja dalam rancang bangunan secara keseluruhan meliputi segi teknis dan konstruksi. Misalnya, merancang ukuran, penempatan, bahan, dan jumlah pondasi dari sebuah gedung.

Universitas jurusan desain interior sama sekali tidak berurusan dengan hal ini. Tugas seorang desainer interior adalah merancang bagian dalam ruangan yang berhubungan dengan estetika dan fungsi. Bagaimana mendesain ruangan agar terlihat indah dan artistik serta dapat digunakan sesuai tujuan pembuatannya, itulah bidang yang digeluti dalam desain interior.

 

Peluang Kerja di Bidang Desain Interior

Lulusan universitas jurusan desain interior memiliki peluang karir yang sangat luas. Tentu saja target utamanya adalah menjadi desainer interior atau konsultan profesional. Tapi untuk sampai ke level itu pasti dibutuhkan pengalaman yang matang. Untuk mengawali karir, Anda bisa bekerja sebagai desainer junior di perusahaan konsultan atau agensi.

Opsi lainnya adalah bergabung ke BUMN yang membutuhkan tenaga ahli di bidang desain interior. Misalnya PT. Wijaya Karya dan PT. Adhi Karya. Atau, Anda juga bisa berbisnis di bidang workshop dengan menjual produk dan melayani pembuatan perabot kustom sesuai permintaan klien. Dengan cara ini, Anda bisa berbisnis sekaligus menyalurkan passtion di bidang desain.

 

Rekomendasi Universitas Jurusan Desain Interior

Menurut data dari banpt.or.id, hanya ada 26 Universitas jurusan desain interior di Indonesia. Dari 26 kampus tersebut, hanya 10 yang sudah berhasil mendapatkan akreditasi A. Ke-10 Universitas tersebut adalah :

  1. Institut Teknologi Bandung (ITB)
  2. Institut Seni Indonesia Yogyakarta (ISI Yogyakarta)
  3. Universitas Sebelas Maret (UNS)
  4. Universitas Bina Nusantara (Binus)
  5. Institut Seni Indonesia Denpasar (ISI Denpasar)
  6. Institut Teknologi Nasional Bandung
  7. Universitas Telkom
  8. Universitas Kristen Petra
  9. Universitas Komputer Indonesia
  10. Universitas Kristen Maranatha

 

 

Persiapan Mendaftar Ke Universitas Jurusan Desain Interior

Jika Anda memang berminat untuk menempuh pendidikan di bidang desain interior, persiapkan diri Anda dari sekarang. Cobalah untuk membaca materi dasar tentang desain secara umum, dilanjutkan dengan desain interior secara khusus. Kemudian lihatlah galeri yang berisi foto-foto desain interior berbagai konsep. Manfaatkan waktu yang ada untuk berkenalan dengan bidang ini sebelum tiba waktunya untuk bersaing agar dapat diterima di Universitas jurusan desain interior.

Mufti

Related Posts