Bagaimana Cara Mengetahui Website Menggunakan CMS Apa?..

Bagaimana Cara Mengetahui Website Menggunakan CMS Apa?..

CMS (Content Management System) merupakan sebuah tools yang memungkinkan bagi penggunanya membuat atau memanage suatu website dengan konten yang ada di dalamnya. Tapi, tahukah anda kalau anda bisa mengetahui tentang CMS yang dimiliki oleh website lain? Ya anda bisa mengetahuinya.

Dalam cara mengetahui website menggunakan CMS apa, dimana anda dapat mengikuti beberapa cara yang sudah kami susun seperti berikut ini.

1. Cara Manual

Nah, jika anda ingin mencari tahu tentang CMS apa yang digunakan oleh suatu website, maka anda dapat memeriksanya dengan cara lihat source code yang ada di halaman website tersebut. Untuk caranya, anda cukup membuka situs tersebut dengan mengklik kanan, lalu memilih opsi View Page Source. Anda dapat melakukan di Chrome untuk cara yang seperti ini. Setelah itu, anda dapat melihat tag yang berupa <meta name= “generator”…> atau powered-by di source code tersebut.

2. What CMS

Selanjutnya untuk cara mengetahui website menggunakan CMS apa, maka anda dapat memanfaatkan What CMS. Pada umumnya, ini adalah salah satu jenis tools online yang sederhana dan bisa anda gunakan dalam mencari tahu CMS yang digunakan oleh sebuah website yang ada.

Pada saat tulisan tersebut dibuat, tools ini akan mengklaim dapat mendeteksi 498 CMS beda. Apabila suatu website tak memakai CMS, situs ini akan mendeteksi framework web dan bahasa pemrograman yang digunakan dalam membuat website tersebut.

3. BultWith

Sama seperti dengan tools yang sebelumnya (What CMS), dimana anda hanya perlu masukkan nama situs web dalam mencari tahu tentang CMS yang digunakan situs tersebut. Hanya saja, data yang anda temui akan lebih lengkap dan bukan hanya CMS yang digunakan saja. Dengan adanya tools ini, maka anda dapat mengetahui tentang tools yang digunakan oleh suatu website. Beberapa data diantaranya, yakni tools tracking widgets, Javascript, CDN, hosting, SSL dan juga jaringan iklan yang dipakai.

4. Wappalyzer

Apabila anda tak ingin memakai tools yang online, anda dapat memeriksa CMS website dengan mengandalkan tools yang bernama Wappalyzer. Secara umum, Wappalyzer tersedia dalam bentuk ekstensi buat Chrome maupun Mozilla, Bookmarklet dan API buat mengoperasikannya sebagai suatu program. Setelah terpasang, maka anda dapat mengunjungi website yang ingin di deteksi oleh anda. Dimana anda dapat mengklik tombol Wappalyzer buat mengetahui beberapa data termasuk CMS yang digunakannya.

5. W3Techs

Bagaimana cara mengetahui website menggunakan CMS apa? Untuk caranya, anda juga bisa mengandalkan tools lain berupa W3Techs. Umumnya, tools yang satu ini menjadi suatu tools yang menawarkan informasi tentang penggunaan berbagai macam teknologi di dalam situs yang ada. Akan tetapi, siapa sangka ternyata website ini menyediakan pendeteksi CMS yang digunakan oleh suatu website.

Meskipun terlihat sederhana, data yang dapat anda dapati juga cukup lengkap, dimulai dari demografi pengunjung, ranking alexa, web server dan tools traffic analis yang dipakai.

Dengan demikian pembahasan kita kali, semoga dengan apa yang sudah dibahas diatas tadi bisa bermanfaat buat anda. Nah, bagi anda yang ingin membuat website dengan mudah, maka anda dapat memanfaatkan jasa dari https://www.sribulancer.com/id/cat/jasa-pembuatan-website.

Mufti

Related Posts