Cara Mencari Backlink Berkualitas untuk Pemula

Cara Mencari Backlink Berkualitas untuk Pemula

Sebagai pemula, tentu memasang backlink terlihat cukup susah. Apalagi, cara mencari backlink berkualitas banyak yang kurang dimengerti, benar tidak?

Padahal, backlink menjadi salah satu kunci agar website yang Anda miliki populer dan berkualitas terutama di mata mesin pencari, Google.

Maka dari itu, walaupun Anda pemula, ada cara seperti berikut ini yang bisa Anda gunakan.

  • Memperbaiki Konten

(baca juga: jenis konten blog)

Terkadang, para blogger pemula berpikir kalau sudah update konten setiap hari dan teratur, maka sudah cukup. Padahal, teratur saja kurang cukup ya.

Kenapa? Salah satu alasannya adalah konten Anda harus berkualitas dan tidak ada plagiasi. Anda juga bisa menambahkan media untuk memperjelas konten yang Anda tuliskan agar pembaca Anda lebih mengerti.

Ketika hal tersebut sudah Anda aplikasikan, maka Anda akan lebih mudah untuk mendapatkan backlink.

  • Membangun Relasi

Siapa bilang saat menjadi blogger maka Anda harus melakukan semuanya sendiri? Anda juga perlu untuk membangun relasi dengan para blogger yang lainnya.

Cara Mencari Backlink Berkualitas untuk Pemula
Cara Mencari Backlink Berkualitas untuk Pemula

Dari membangun relasi ini, Anda akan mendapatkan banyak manfaat, diantaranya:

  1. Mendapatkan teman baru.
  2. Bisa memperoleh ilmu yang lebih banyak dengan cara sharing atau bertanya.
  3. Bisa membantu Anda di masa depan, baik untuk urusan blog atau urusan yang lainnya.

Maka dari itu, Anda perlu memperluas relasi dengan para blogger. Caranya bisa bergabung dengan komunitas, menjadi subscribers hingga menghubungi pemilik websitenya langsung.

  • Guest Blogging

Guest Blogging bisa menjadi salah satu cara mencari backlink berkualitas yang paling ampuh untuk dilakukan.

Memangnya, apa itu guest blogging? Guest blogging merupakan tindakan dimana Anda menuliskan suatu konten secara langsung di website lain. Misalnya di Kompasiana, Medium, Hipwee atau website lain yang memungkinkan Anda untuk membuat akun dan menulis konten sendiri.

Untuk membuat backlink, maka Anda perlu membuat konten berkualitas terlebih dahulu. Baru kemudian, Anda menyertakan link halaman website yang relevan dengan tulisan Anda.

Dalam membuat guest posting, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, yaitu:

  1. Website yang Anda pelih harus memiliki authority tinggi.
  2. Relevan dengan website Anda.
  3. Tidak spam dan tulisannya natural.
  4. Konten yang ditulis berkualitas.

Selain memperhatikan hal tersebut, Anda juga perlu menulis secara rutin agar hasilnya bisa optimal.

  • Blogwalking

Jika Anda ingin mendapatkan backlink sambil mendapatkan inspirasi untuk menulis konten website, maka Anda bisa melakukan blogwalking. Blogwalking adalah aktivitas mengunjungi website dan meninggalkan komentar.

Komentar yang dituliskan haruslah komentar yang sesuai dengan konten. Kemudian, Anda bisa mengaitkan komentar Anda dengan link website yang relevan dengan isi konten.

Pastikan juga Anda menggunakan bahasa yang sopan dan tidak spam ya. Dengan begitu, komentar Anda akan di-notice dan tidak dihapus.

Itulah beberapa cara mencari backlink berkualitas yang bisa Anda lakukan. Jangan lupa bangun backlink yang berkualitas dan dilakukan secara rutin agar hasilnya optimal. 

Mufti

Related Posts