Inspirasi 6 Desain Kolam Ikan Minimalis untuk Hunian Nyaman

Inspirasi 6 Desain Kolam Ikan Minimalis untuk Hunian Nyaman

Untuk memberikan nuansa agar rumah menjadi lebih asri apalagi jika di rumah Anda terdapat anak kecil. Kolam bisa menjadi sarana hiburan tersendiri. Namun, agar adanya kolam tersebut bisa memberikan nilai estetika tidak hanya di interior ataupun eksterior, Anda bisa memilih desain kolam minimalis ini.

  • Semi Akuarium

Bila Anda menginginkan kolam yang simple namun memberikan sedikit kesan elegan dan modern, Anda bisa menggunakan perpaduan antara kaca dengan campuran semen pasir. Untuk bentuknya, bisa Anda sesuaikan dengan selera Anda. misalnya berbentuk kotak atau bulat.

  • Menyatu dengan Lantai

Anda bisa menggunakan desain kolam yang tidak fokus dengan bentuknya namun lebih memanfaatkan pada cekungan lantai. Dengan begitu tampilan kolam akan terlihat lebih unik. Namun, jika Anda memiliki anak-anak di rumah, hindari kolam dengan cekungan yang dalam agar tidak membahayakan. Serta tambahkan semak-semak atau rumput (alami atau sintetis) agar yang mendekat ke kolam tidak tergelincir.

  • Gunakan Batuan Alam

Anda malas membuat ‘adonan’ semen dan pasir untuk pinggir kolam sedangkan banyak batuan menumpuk di sudut halaman rumah? Anda bisa menggunakan batuan tersebut dan disusun hingga menjadi dinding. Agar lebih alami lagi, Anda bisa menambahkan tanaman air seperti ganggang rantai atau seroja agar kotoran di kolam bisa terserap.

  • Kolam ilusi

Anda bisa membuat desain kolam dengan perpaduan antara ilusi mata dan bentuk yang abstrak. Misalnya Anda membuat kolam yang seakan menandakan jurang di bawah lantai teras yang runtuh sebagian.

Ilusi bisa diperjelas dengan membuat ujung lantai yang tidak beraturan. Selain itu, tambahkan juga pencahayaan di dasar kolam untuk memberikan kontras antara air dan daratan.

  • Kolam Tersembunyi

Anda bisa membuat kolam ikan di balik semak sehingga dari jauh, kolam ikan tidak terlihat. Di sisi kolam Anda bisa menempatkan meja kursi untuk Anda bersantai.

  • Jembatan dan Kolam

ANda dapat membangun kolam yang cukup besar kemudian di bagian atasnya diberi seperti jembatan. Agar lebih alami, Anda bisa menggunakan jembatan atau dek dari kayu. Pastikan jika kayu dan pondasinya kuat agar tidak roboh saat dilewati.

Selain 6 desain kolam yang sederhana tersebut, Anda tetap bisa membuat kolam sesuai dengan yang Anda inginkan. Misalnya dari ban bekas truk untuk rumah Anda yang tidak punya banyak ruang. Selamat mencoba!

Mufti

Related Posts