Mengenal Jenis 6 Kepribadian RIASEC di SehatQ

Mengenal Jenis 6 Kepribadian RIASEC di SehatQ

Setiap individu yang ada didunia ini memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Kepribadian merupakan keselurahan cara dari seorang individu yang bereaksi dan berinteraksi dengan individu lainnya. Kepribadian kerap kali diartikan sebagai ciri-ciri yang menonjol pada individu tersebut. Kepribadian juga biasa disebut sebagai sifat dari seorang individu akan.

Perlu diketahui bahwasannya sifat dari tugas, keterampilan, dan pengetahuan ini tentu pastinya digunakan dalam kehidupan sehari-hari, baik itu dalam berteman, berkomunikasi, hingga mengerjakan suatu pekerjaan. Dalam konteks ini adalah untuk mengetahui kepribadian tentang apa yang disukai dan tidak disukai agar Anda dapat menjalankan pekerjaan dengan baik.

Dalam mengetahui dan mengamati apa yang disuka, biasa juga disebut oleh hobi. Selain mengamati hal-hal yang sering dilakukan, Anda juga dapat melakukan beberapa tes yang tentunya dapat membantu mengetahui atau mendapatkan gambaran secara umum tentang dirimu sendiri, baik itu minat, bakat, nilai, kepribadian, khususnya bidang pekerjaan atau karir.

Alat penilaian ini sering digunakan dalam perencanaan karir, yaitu RIASEC. Alat penilaian ini pertama kali dikenalkan sekitar tahun 1970-an oleh Dr. John. L. Holland, seorang yang memiliki klasidikasi dalam memwawancara calon tentara Amerika Serikat pada masa itu.

Apa itu RIASEC?

RIASEC merupakan suatu gambaran dari tipe kepribadian yang dijelaskan oleh teori pekerjaan yang sudah dirumuskan oleh John L. Holland. Seorang konselor atau guru BK kerapkali menggunakan RIASEC dalam melakukan ekplorasi akan karir dan penelitian mengenai karir.

Dr. Holland pada saat itu berpendapat bahwa cara terbaik untuk dapat melakukan identifikasi area karir yang mungkin cocok dengan Anda adalah dengan melakukan analisis terkait pekerjaan yang berkaitan erat dengan karakteristik kepribadian kita, dimana Dr. Holland mencocokkannya dengan berbagai macam jenis lingkungan kerja.

Dr. Holland menemukan bahwa terdapat 6 kategori yang berbeda yang dapat menggambarkan masing-masing karakteristik dan hubungannya antara lingkungan kerja. Tes RIASEC sendiri terdiri dari beberapa pernyataan, dimana pilihan jawabannya adalah suka ataupun tidak suka. Tugas anda adalah memilih mana yang disuka maupun yang tidak disuka dari suatu pernyataan yang telah diberikan. Pernyataan tersebut akan menggambarkan bagaimana kepribadianmu.

“R” untuk Realistis – Pribadi yang realistis cenderung menyukai kegiatan kerja yang termasuk dalam suatu praktik dimana dapat memecahkan masalahnya secara langsung. Ciri-ciri orang dengan tipe realistic adalah memilki sikap dan perilaku yang agresif, kuat secara jasmani, memiliki kecakapan dan koordinasi motoric yang baik, namun kurang memiliki kemampuan verbal dan keterampilan hubungan antar pribadi. Pekerjaan yang cocok adalah Pedagang, pekerja bangunan, Aghli teknis, Dosen, Juru Gambar, dan lain-lain.

“I” untuk Investigatif –  Pribadi yang investigative cenderung menyukai pekerjaan dengan gagasan atau ide dengan pemikiran ketimbang kerja secara fisik. Mereka lebih senang mencari fakta dan memecahkan masalah secara mental ketimbang membujuk atau mengarahkan orang lain. Ciri-cirinya adalah memiliki aktivitas pekerjaan yang observasional, sistematik dan kreatif terhadap suatu fenomena tertentu. Introvert, pengertian, hingga kritis. Pekerjaan yang cocok untuk tipe investigative adalah ahli biologi dan fisika, astronomi, atau pekerjaan yang mencakup ilmu pengetahuan lainnya.

“A” untuk Artistik – Pribadi yang artistic menyukai suatu kegiatan yang berhubungan dengan sisi artistic dimana bentuk, pola, dan rancangan menjadi kunci utama. Mereka menyukai ekspresi jiwa dalam pekerjaan mereka dimana mereka memiliki ci tidak sosial, kreatif, imajinatif, ambisius, impulsive, rendah diri, naif, hingga bebas. Pekerjaan yang cocok untuk tipe ini adalah seniman, pengajar, artis, penyanyi, novelis, dan lain-lain.

“S” untuk Sosial – Seorang pribadi yang bersifat sosial menyukai suatu pekerjaan yang dapat membantu orang lain serta mendukung pengembangan diri dan pembelajaran. Menyukai berkomunikasi ketimbang bekerja dengan objek, mesin, atau data. Ciri-cirinya adalah bersifat sosial, bertanggung jawab, kemanusiaan, bekerjasama dengan baik, persuasif dan bijaksana. Pribadi yang cocok adalah Pekerja keagamaan seperti Ahli agama, terapis, dokter medis, pekerja sosial, hingga kepala sekolah.

“E” untuk Enterprising – Pribadi dengan sifat seperti ini adalah seorang pengusaha yang menyukai hubungan untuk memulai dan melakukan suatu proyek terutama usaha. Senang membujuk, memimpin dan membuat keputusan. Ciri-cirinya adalah kecakapan verbal, sosial, persuasive, implusif dan percaya diri. Pekerjaan yang cocok adalah Salesman, pedagang, pramuniaga, Asuransi, kontraktor, importir, hingga manajer.

“C” untuk Conventional – Pribadi yang bersifat konvensional ini menyukai kegiatan yang mengikuti prosedur dan bersifat rutin. Senang berkutat dengan data dan senang bekerja sendiri. Ciri-ciri orang ini adalah selalu patuh pada peraturan, stereotip, praktis, rapih, suka bergaul, bebas, dan praktikal. Pekerjaan yang cocok bagi tipe ini adalah Akuntan, Pegawai bank, Analis keuangan, kasir, hingga bea cukai.

 Setelah anda mengetahui 6 jenis kepribadian untuk mengembangkan karir dan apa yang cocok bagi Anda, Anda juga perlu mengetahui kesehatan mental dan peran tes kepribadian untuk mengetahui jenis kepribadian yang tepat.

 

lala majnun

Related Posts