Tips Menulis Cerpen yang Baik

Tips Menulis Cerpen yang Baik

Cerita pendek merupakan salah satu karya fiksi yang memiliki jalan cerita serta alur yang pendek. Meskipun cerita pendek merupakan cerita pendek namun menulis cerita pendek tidak semudah yang dibayangkan. Cerita pendek harus memenuhi beberapa unsur dan memiliki karakteristik yang berbeda dengan karya sastra lainnya. Sehingga dibutuhkan tips menulis cerpen yang baik.

Tips menulis cerpen yang baik

Cerita pendek mungkin bisa ditulis oleh siapa saja namun cerita pendek yang baik harus memenuhi kaidah yang ada. Saat menulis cerita pendek biasanya akan ada kendala entah itu dari tema atau isi cerita pendek. Inilah yang membuat kalian harus mengetahui tips menulis cerpen yang baik dan benar.

  1. Ketahui dan pahami cerita pendek lebih dalam

Hal yang paling penting sebelum menulis cerita pendek adalah memahami terlebih dahulu apa itu cerita pendek. Pemahaman yang mendalam tentang cerita pendek merupakan modal utama sebelum menulis cerita pendek. Kalian terlebih dahulu pahami pengertian dan ciri-ciri cerita pendek dengan baik setelah itu kalian bisa memulai menulis cerita pendek sesuai dengan ketentuan yang ada.

Cerita pendek memang memiliki ciri khusus serta kaidah tertentu yang harus dipenuhi. Saat ciri-ciri cerita pendek sudah diketahui maka akan lebih mudah dalam membuat sebuah cerita pendek. Kalian juga bisa lebih mudah untuk memulai dari mana supaya cerita pendek dapat terlihat menarik. Setiap penulis memiliki cara tersendiri biasanya akan dimulai dengan tema cerita pendek.

  1. Baca lebih banyak cerita pendek

Cerita pendek merupakan salah satu karya sastra yang banyak diminati dan penulis cerita pendek yang ada juga tidak sedikit. Sebelum menulis cerita pendek akan lebih baik jika membaca cerita pendek sebanyak mungkin. Hal tersebut akan membuat kalian lebih memahami karakteristik dari sebuah cerita pendek. Kalian bisa membaca cerita pendek di internet atau aplikasi baca lainnya.

  1. Membuat cerita pendek dengan emosi

Emosi yang dimaksudkan dalam cerita pendek yaitu isi cerita yang penuh dengan perasaan dan dapat menyentuh pembaca. Cerita yang penuh dengan emosi akan membuat pembaca lebih menghayati cerita yang ada. Emosi yang ada harus bisa membuat pembaca merasakan apa yang tokoh utama rasakan.

  1. Mempersempit pembahasan cerita pendek

Cerita pendek merupakan cerita pendek sehingga pembahasan cerita yang akan dibuat juga harus pendek dan memiliki kesan tunggal. Biasanya penulis akan memikirkan banyak alur serta adegan cerita. Hal inilah yang perlu dihindari dalam cerita pendek karena akan membuat cerita tersebut menjadi bukan cerita pendek.

Demikian, tips menulis cerpen yang baik dengan adanya tips tersebut semoga dapat membantu kalian ketika akan membuat sebuah cerita pendek. Tips tersebut juga bisa kalian coba ketika akan membuat cerita pendek supaya hasilnya lebih baik.

Mufti

Related Posts