Yuk, Mengenal Animasi Stop Motion dan 7 Jenisnya!

Yuk, Mengenal Animasi Stop Motion dan 7 Jenisnya!

Jika berbicara mengenai animasi yang kini juga digunakan untuk video promosi ataupun iklan, ada banyak jenis animasi yang bisa Anda jumpai. Salah satunya adalah animasi stop motion. Animasi ini merupakan animasi yang dibuat dengan teknik memanipulasi objek sehingga secara fisik terlihat bergerak sendiri. Pergerakan setiap objek ini difoto sehingga jika digabungkan akan membentuk ilusi gerakan yang berkesinambungan.

Jenis Animasi Stop Motion

Animasi stop motion sering disebut juga dengan clay motion. Namun, ternyata ada 7 jenis animasi stop motion. Jenis animasinya adalah seperti ini:

  1.   Animasi Cut Out

Jenis animasi ini adalah animasi yang pembuatannya dengan membuat potongan gambar sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Animasi cut out ini menggunakan karakter datar dan alat peraga dengan background dari kertas, foto, kain ataupun bisa juga yang lainnya. Umumnya jenis animasi ini diproduksi di komputer dari gambar atau objek yang sudah di scanning.

  1.   Animasi Clay

Sesuai dengan namanya, animasi ini menggunakan bahan tanah liat atau yang elastic agar bisa dibentuk sebagai objeknya. Umumnya, animasi stop motion menggunakan tanah liat sebagai karakternya sehingga animasi stop motion disebut juga dengan clay motion. Contohnya adalah Shaun the Sheep.

  1.   Animasi Puppet

Jenis animasi ini menggunakan karakter yang berupa wayang atau boneka yang lentur sehingga mudah untuk digerakkan. Selain menggunakan boneka dalam produksi video atau film animasi puppet, juga menggunakan bahan lainnya misalnya kain, kayu yang mudah diukir, kertas.

lego
lego
  1.   Animasi Pixilation

Berbeda dengan jenis animasi lainnya, animasi jenis ini menggunakan karakter hidup atau aktor hidup misalnya manusia. Namun, aktornya tersebut berlaku seperti boneka sehingga pergerakannya diatur sedemikian rumah sesuai dengan frame yang ditentukan. Misalnya Anda harus bergerak dari posisi 1 kemudian difoto, setelah itu berpindah di posisi 2 dan difoto lagi. Hal tersebut dilakukan berulang kali sesuai dengan alur dan pergerakan yang sudah ditentukan.

  1.   Animasi Grafis

Jenis animasi ini memiliki variasi yang lebih konseptual. Untuk membuatnya menjadi animasi maka Anda harus menyiapkan objeknya dahulu yang berupa gambar atau foto. Kemudian diatur seperti layaknya animasi pixilation. Dengan begitu, gambar yang terekam terlihat lebih hidup.

  1.   Animasi Objek

Jenis animasi ini menggunakan benda apapun sebagai objek. Bisa kaleng, boneka ataupun sesuatu yang keras yang tidak bisa dibentuk. Namun, untuk menggerakkannya, Anda tetap harus motret 1 per satu dari gambar tersebut dengan pergerakan yang sudah ditentukan.

  1.   Animasi Siluet

Jenis animasi ini menggunakan bayangan hitam dari objek yang dibuat. Teknik dari Lotte German Reiniger ini semakin berkembang. Bahkan jenis animasi stop motion itu terkadang digunakan untuk pertunjukan karya seni.

Itulah pengertian stop motion animation dan jenisnya. Kira-kira Anda sudah pernah mencoba jenis stop motion yang mana nih?

 

Mufti

Related Posts